Implementation of Supervision as the Agent of Chance in Islamic Education in Indonesia: Case Study of Islamic Religious Education Supervisors in Kuningan Regency
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan peran pengawas sebagai agen pendidikan agama Islam, dan pelaksanaan pengawasan, serta dampak pelaksanaan pengawasan terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Untuk mengumpulkan data lapangan digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif kualitatif yang diuraikan secara sistematis, faktual, dan cermat, kemudian data disimpulkan secara induktif. Sampel diambil dengan purposive sampling dan data dianalisis dengan analisis kualitatif. Sampel penelitian adalah 25 pengawas di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran pengawas pendidikan agama Islam di Kabupaten Kuningan sudah baik, meskipun belum optimal. Hubungan antara pelaksanaan supervisi dan pemberian bimbingan kepada guru di sekolah sudah baik tetapi belum optimal. Selain itu, banyak sekolah yang dibina untuk supervisi, dan pelaksanaan supervisi berdampak signifikan terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam. Dampak yang ditunjukkan antara pelaksanaan supervisi terhadap kinerja guru adalah positif. Karena keterbatasan penelitian ini, diharapkan penelitian lain dapat menggali aspek-aspek yang belum dibahas. Proses pelaksanaan profesionalisme guru berupa evaluasi diri melalui penilaian kinerja guru merupakan temuan baru pengawas PAI Kabupaten Kuningan yang memiliki nilai positif dalam menjalankan tugas pengawasan.