Penanaman Nilai Agama Moral Anak Usia Dasar Kelas V SD Negeri Tajem Yogyakarta nilai agama-moral, anak usia dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang mengenai penanaman pendidikan nilai agama-norma spiritual pada anak usia dasar di SD Negeri Tajem Kecamatan Depok Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data peneltian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas, serta peserta didik yang ditunjuk secara bertujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai agama-moral pada anak usia dasar di kelas V SD Negeri Tajem Kecamatan Depok Yogyakarta dapat disimpulkan dan dapat dikatakan sebagai nilai agama-moral yang tidak tercapai karena karena adanya perilaku anak yang tidak mulia, rendahnya kualitas akhlak, serta kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini juga menentukan adanya faktor-faktorinternal dan eksternal yang menjadi adanya ketidakcapaiannya nilai agama-moral pada anak usia dasar.