Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Sel Biologi Berbasis Daring
Main Article Content
Abstract
Terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, memaksa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu Program Studi Pendidikan Biologi untuk menerapkan pembelajaran daring secara intensif. Namun penerapan ini perlu evaluasi agar diketahui bentuk pembelajaran daring seperti apa yang diinginkan mahasiswa. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah memahami persepsi mahasiswa dalam mempelajari materi biologi sel berdasarkan pembelajaran berbasis daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil persepsi sebagian besar mahasiswa menyatakan mendukung pembelajaran daring dengan e-learning dan setuju dengan kemudahan aksesibilitasnya, namun sangat rendah dari sisi kemudahan penggunaan, pemahaman materi, dan interaksi. Sehingga 65% menyatakan e-learning tidak menarik dibandingkan belajar tatap muka, 30% menyatakan masih menarik, dan sisanya ragu-ragu.