Pengaruh Pemberian Metode Pembelajaran Secara Konvensional dan secara Preferensi Sensori Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran secara konvensional dan secara preferensi sensori kinestetik terhadap prestasi belajar pada mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sebanyak 42 mahasiswa dengan preferensi sensori kinestetik dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi materi Clinicsl Skill Lab (CSL) pemeriksaan tekanan darah dengan metode konvensional. Setelah itu dilakukan tes tertulis untuk mengetahui pengaruh pengajaran dengan metode konvensional dan metode sesuai preferensi sensori kinestetik terhadap prestasi belajar. Hasilnya didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara metode konvensional dengan metode preferensi sensori kinestetik. Kesimpulannya adalah seseorang yang belajar sesuai preferensi sensori nya akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode konvensional.
Kata kunci : Gaya belajar, prestasi belajar, metode konvensional, preferensi kinestetik