Pengaruh Pemberian Metode Pembelajaran Secara Konvensional dan secara Preferensi Sensori Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta

Main Article Content

Fanny Septiani Farhan
Esy Risdianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran secara konvensional dan secara preferensi sensori kinestetik terhadap prestasi belajar pada mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sebanyak 42 mahasiswa dengan preferensi sensori kinestetik dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi materi Clinicsl Skill Lab (CSL) pemeriksaan tekanan darah dengan metode konvensional. Setelah itu dilakukan tes tertulis untuk mengetahui pengaruh pengajaran dengan metode konvensional dan metode sesuai preferensi sensori kinestetik terhadap prestasi belajar. Hasilnya didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara metode konvensional dengan metode preferensi sensori kinestetik. Kesimpulannya adalah seseorang yang belajar sesuai preferensi sensori nya akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode konvensional.


Kata kunci : Gaya belajar, prestasi belajar, metode konvensional, preferensi kinestetik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farhan, F., & Risdianti, E. (2021). Pengaruh Pemberian Metode Pembelajaran Secara Konvensional dan secara Preferensi Sensori Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 89-95. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.636
Section
Articles
Author Biography

Esy Risdianti, fkk umj

departemen Biomedik

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.