Peningkatan Kemampuan Guru Biologi dalam Menyusun RPP dan Melaksanakan Supervisi Klinis pada SMA Binaan Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Main Article Content

Ulu Emanuel

Abstract

Supervisi klinis ternyata telah meningkatkan kemampuan guru untuk menyusun RPP dan melaksanakan  pembelajaran menjadi lebih baik. Itu berarti bahwa supervisi klinis dan pembinaannya sangat penting untuk dilaksanakan. Berdasarkan data pada siklus 1 dari unsur RPP, ada 2 sekolah kategori B dan 3 sekolah kategori C dengan rata-rata 70. 25 sedangkan pada unsur pelaksanaan pembelajaran ada sekolah kategori B dan 4 sekolah kategori C dengan rata-rata 67.81. Pada siklus 2 pada unsur RPP, 5 sekolah berkategori B dengan rata-rata 76.75 pada unsur pelaksanaan pembelajaran, 1 sekolah kategori A dan 4 sekolah B dengan rata-rata 76.23. KKM pada siklus 1, peserta didik yang telah memenuhi KKM= 159  (78%), sedangkan yang belum tuntas= 45  (22%). Pada siklus 2, ada 201  (98, 5%) peserta sudah tuntas dan 3  (1,5%) dari 204 belum memenuhi KKM. Karena itu, guru hendaknya meningkatkan kemampuan pengelolaan pembelajaran biologi dan kepala sekolah dan atau pengawas hendaknya selalu mengadakan supervisi klinis dengan pembinaannya secara periodik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Emanuel, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Biologi dalam Menyusun RPP dan Melaksanakan Supervisi Klinis pada SMA Binaan Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 507-514. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.637
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.