Improving Students Critical Thinking Ability by Applying Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) Learning Approach in Elementary School
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis 21 siswa kelas V UPT SDN 003 Batubelah tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing dengan dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan pada Mei 2023. Dokumentasi, observasi, dan tes adalah teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V telah meningkat pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 67,42 dan pada siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 69,76. Pertemuan ke-1 siklus I menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 81,09, dan pertemuan ke-2 menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 81,66. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis siswa UPT kelas V SD Negeri 003 Batubelah dapat ditingkatkan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran STEAM.