Improving Students Critical Thinking Ability by Applying Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) Learning Approach in Elementary School

Main Article Content

Sri Defy Rahmawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis 21 siswa kelas V UPT SDN 003 Batubelah tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing dengan dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan pada Mei 2023. Dokumentasi, observasi, dan tes adalah teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V telah meningkat pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 67,42 dan pada siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 69,76. Pertemuan ke-1 siklus I menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 81,09, dan pertemuan ke-2 menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 81,66. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis siswa UPT kelas V SD Negeri 003 Batubelah dapat ditingkatkan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran STEAM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, S. (2023). Improving Students Critical Thinking Ability by Applying Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) Learning Approach in Elementary School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5989-5995. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6386
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.