The Impact of Teachers Personality on Students Discipline

Main Article Content

Nurlela Nurlela
Nabilatul Laili
Akhmad Affandi

Abstract

Guru merupakan tenaga profesional yang berperan penting dalam menciptakan generasi muda yang unggul dan sukses. Tidak hanya berperan dalam dunia pendidikan, seorang guru juga berperan penting dalam pembentukan karakteristik siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi karakteristik siswa adalah kompetensi kepribadian guru. Kompetensi kepribadian seorang guru merupakan modal dasar dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian kuantitatif. Variabel diukur menggunakan instrumen angket. Populasi penelitian adalah kelas X MA Sunan Gunung Jati dengan sampel 46 siswa. Uji deskriptif dan regresi digunakan sebagai teknis analisis data. Hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana didapatkan koefisien kolerasi sebesar 0,967, sedangkan hasil uji F didapatkan F hitung sebesar 141,207 dengan taraf signifikasi <0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Setelah dilakukan uji koefisien determinasi, didapatkan bahwa persentase pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa sebesar 66,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurlela, N., Laili, N., & Affandi, A. (2023). The Impact of Teachers Personality on Students Discipline. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2609-2617. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6417
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.