Development of KAJI Flipbook-Based Learning Media (Script Comics, Java, Indonesia) for Grade 5 Javanese Script Material at SDN Besowo 4
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas V SDN Besowo 4 Kab. Kediri diketahui bahwa siswa kelas 5 memiliki kendala atau kesulitan dalam membaca dan menghafal huruf aksara Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis Flipbook KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model penelitian AADIE. Hasil dari Penelitian ini yakni media pembelajaran berbasis Flipbook KAJI (Komik Aksara, Jawa, Indonesia) dikatakan valid setelah dilakukan validasi ahli media dengan persentase skor sebesar 94% dan validasi ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 98% sehingga tergolong dalam kriteria sangat valid. Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata evaluasi siswa pada uji coba terbatas sebesar 81% dan nilai rata-rata evaluasi siswa pada uji coba luas sebesar 90% dan telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari hasil angket respon guru dengan memperoleh hasil persentase sebesar 90% dan respon siswa pada uji terbatas memperoleh hasil persentase sebesar 86%, sedangkan respon siswa pada uji coba luas memperoleh hasil persentase sebesar 88%. Dengan demikian, media pembelajaran dapat dinyatakan sanagat praktis dan dapat digunakan.
Abstract
This research is motivated by the results of observations that have been made in class V SDN Besowo 4 Kab. In Kediri, it is known that grade 5 students have problems or difficulties in reading and memorizing Javanese script. The purpose of this study was to determine the validity, practicality, and effectiveness of KAJI's Flipbook-based learning media (Script Comics, Java, Indonesia. The research method used was R&D with the AADIE research model. The results of this study were KAJI's Flipbook-based learning media (Komik Script, Java, Indonesia) is said to be valid after validating media experts with a score percentage of 94% and material expert validation obtaining a percentage result of 98% so that it is classified as very valid criteria.To determine the effectiveness of learning media can be seen from the results of the average evaluation value students in the limited trial was 81% and the average value of student evaluation in the broad trial was 90% and had exceeded the Minimum Completeness Criteria (KKM).From the results of the teacher's response questionnaire obtained a percentage result of 90% and student responses in the limited test obtained a percentage of 86%, while student responses in the wide trial obtained a percentage of 88%. Thus, learning media can be stated to be very practical and can be used.