Improving Students' Science Process Skills on The Concept of Science in Elementary School Through The Guided Inquiry Learning Model

Main Article Content

Anwar Marasabesy
Ridwan Jusuf
Pamuti Pamuti
Santi M.J. Wahid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pemahaman konsep IPA, sikap ilmiah, dan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains sangat dibutuhkan untuk kemampuan siswa dalam memecahkan masalah di masa depan. Desain penelitian ini adalah semu eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VI SD Negeri 49 Kota Ternate tahun pelajaran 2020/2021. Data yang terkumpul melalui tes, kuesioner dan observasi. Hasil penelitian memberikan hasil bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep IPA; Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA dengan koefisien determinasi sebesar 65,4%; dan Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA dengan koefisien determinasi sebesar 66,5%. Guru harus aktif memberikan bimbingan kepada siswa dan menggunakan konteks masalah kehidupan nyata untuk melatih keterampilan proses sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marasabesy, A., Jusuf, R., Pamuti, P., & Wahid, S. (2023). Improving Students’ Science Process Skills on The Concept of Science in Elementary School Through The Guided Inquiry Learning Model. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2139-2147. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6437
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.