An Analysis of Factors Influence Students’ Speaking Performance at the Eleventh Grade of SMK Negeri 1 Gunungsitoli in 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Berbicara adalah keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan secara lisan sebagai proses komunikasi kepada orang lain. Berbicara adalah proses interaksi dalam suatu situasi untuk membangun makna yang meliputi mengolah, memproduksi, dan menerima informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan berbicara siswa di kelas sebelas SMK Negeri 1 Gunungsitoli dan peneliti akan menyelidiki penampilan berbicara siswa untuk bertanya dan memberi pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gunungsitoli dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gunungsitoli. Jumlah keseluruhan sampel adalah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil, peneliti menemukan ada 7 siswa yang mencapai nilai baik, sedangkan ada 13 siswa yang mencapai nilai rendah dalam penampilan berbicara. Faktor yang paling mempengaruhi kemampuan berbicara siswa disebabkan kurangnya kosakata, kurangnya tata bahasa, kurang percaya diri, kurangnya pengucapan, lingkungan, kurangnya motivasi, dan kurikulum yang lebih sedikit lebih menekankan masalah teks daripada berbicara. Akhirnya, berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas sebelas SMK Negeri 1 Gunungsitoli mampu tidak semua siswa mampu berbicara dengan baik.