Improving the Students Ability in Reading Comprehension through Read, Ask, Put (RAP) Strategy at the Eighth Grade of SMP Swasta Bunga Mawar Gunungsitoli In 2022/2023

Main Article Content

Sirilus Suriani Telaumbanua
Nursayani Maruao
Yaredi Waruwu
Adieli Laoli

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan yang dianggap sebagai kegiatan yang paling penting untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi dalam kehidupan manusia, terutama bagi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman melalui strategi Read, Ask, Put (RAP). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 31 siswa. Hasil data pada siklus I terdapat 19 siswa mendapat nilai "kurang" (61,29%), 7 siswa mendapat nilai "cukup" (22,58%), dan hanya 5 siswa yang mendapat nilai "baik" (16,13%). Nilai rata-rata siswa 59,03. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa siswa belum berhasil. Pada siklus II terdapat 12 siswa mendapat nilai "sangat baik" (38,71%) dan 19 siswa mendapat nilai "baik" (61,29%). Nilai rata-rata siswa adalah 83,39. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi Read, Ask, Put (RAP) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Telaumbanua, S., Maruao, N., Waruwu, Y., & Laoli, A. (2023). Improving the Students Ability in Reading Comprehension through Read, Ask, Put (RAP) Strategy at the Eighth Grade of SMP Swasta Bunga Mawar Gunungsitoli In 2022/2023. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3822-3827. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6541
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.