Preparation for the Implementation of the Independent Learning System in Mathematics Learning at SMK Negeri 6 Buru

Main Article Content

Wa Malmia
Nur Fadhilah Amir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan persiapan pelaksanaan sistem merdeka belajar dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 6 Buru dan (2). Mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sistem merdeka belajar dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 6 Buru. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orang guru matematika di SMK Negeri 6 Buru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model interaktif dari Miles dan Haberman. Model interaktif yang dimaksud adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1). bahwa di SMK Negeri 6 Buru belum menerapkan kurikulum merdeka belajar, dan baru akan di laksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 dan akan dilaksanakan secara bertahap dan ddilaksanakan di kelas X. selain itu temuan yang diperoleh bahwa guru Matematika di SMK Negeri 6 Buru sudah siap dalam menerapkan kurikulum merdeka. Adapun persiapan yang dilakukan antara lain sosialisasi tentang kurikulum merdeka belajar kepada guru, tenaga kependidikan dan siswa supaya yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik. selanjutnya persiapan yang dikakukan adalah pemantapan kurikulum yang disesuaikan dengan kurikulum merdeka belajar. (2). Beberapa faktor penghambat pada penerapan system merdeka belajar di SMK Negeri 6 Buru yaitu: (a). Factor Guru dalam merancang  Rencana Pembelajaran, (b). Kendala Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran dan (c). Fasilitas dan Sumber Belajar yang minin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Malmia, W., & Amir, N. F. (2023). Preparation for the Implementation of the Independent Learning System in Mathematics Learning at SMK Negeri 6 Buru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2776-2786. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6543
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.