Preparation for the Implementation of the Independent Learning System in Mathematics Learning at SMK Negeri 6 Buru
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan persiapan pelaksanaan sistem merdeka belajar dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 6 Buru dan (2). Mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sistem merdeka belajar dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 6 Buru. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orang guru matematika di SMK Negeri 6 Buru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model interaktif dari Miles dan Haberman. Model interaktif yang dimaksud adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1). bahwa di SMK Negeri 6 Buru belum menerapkan kurikulum merdeka belajar, dan baru akan di laksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 dan akan dilaksanakan secara bertahap dan ddilaksanakan di kelas X. selain itu temuan yang diperoleh bahwa guru Matematika di SMK Negeri 6 Buru sudah siap dalam menerapkan kurikulum merdeka. Adapun persiapan yang dilakukan antara lain sosialisasi tentang kurikulum merdeka belajar kepada guru, tenaga kependidikan dan siswa supaya yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik. selanjutnya persiapan yang dikakukan adalah pemantapan kurikulum yang disesuaikan dengan kurikulum merdeka belajar. (2). Beberapa faktor penghambat pada penerapan system merdeka belajar di SMK Negeri 6 Buru yaitu: (a). Factor Guru dalam merancang Rencana Pembelajaran, (b). Kendala Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran dan (c). Fasilitas dan Sumber Belajar yang minin.