The Principal’s Strategy in Instilling Religious Values in the Independent Curriculum at SMP Muhammadiyah 1 Depok
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian dari penelitian ini, ialah hanyalah ingin mengetahui pada strategi kepala sekolah dalam menanamkan nilai keagamaan dalam kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sehingga dengan metode ini dapat menginterpretasikan objek penelitian sesuai dengan situasi yang terjadi di lapangan. Kemudian untuk pengumpulan data yang diperlukannya, maka penulis menggunakan dua metode. Pertama, penulis melakukan wawancara dengan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Depok, serta guru-guru disana yang berperan sebagai narasumber. Penulis tetap mengadopsi pendekatan wawancara terbuka dalam proses ini. Metode kedua adalah pencatatan lapangan yang melibatkan data hasil wawancara dan observasi terhadap objek penelitian. Selanjutnya untuk analisis data yang digunakan oleh penulis, ialah menggunakan pendekatan yang berisfat mereduksi data atau menyederhanakan data untuk kemudian menguraikan informasi yang terkandung dalam data tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam menanamkan nilai keagamaan dalam kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 1 Depok terdapat lima hal. Pertama Integrasi Nilai-Nilai agama dalam Materi Pelajaran. Kedua Pengembangan Mata Pelajaran Keagamaan. Ketiga pengembangan kegiatan ekstrakurikuler berbasis agama. Keempat kolaborasi dengan Komunitas Keagamaan. Kelima terakhir, ialah adanya pembinaan karakter melalui bimbingan dan konseling dan penanaman etika dan sikap positif