Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Metode Pembelajaran Make a Match pada Siswa Kelas III B di SD Islam NDM Kauman Surakarta
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik melalui metode make a match pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini termasuk penelitian PTK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III B SD Islam NDM Kauman Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III B. Data diperoleh dari hasil obervasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara deskritif komparatif dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn peserta didik masuk kategori relatif rendah dibuktikan 11 peserta didik yang belum tuntas mencapai KKM. Setelah adanya tindakan siklus 1 dan 2 dengan metode make a match, terlihat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn meningkat. Pada siklus 1 yang tuntas KKM ada 18 anak dan pada siklus 2 terlihat hasil semua siswa tuntas dari KKM yang ditentukan.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Make A Match
Abstract
This research aims to find out the improvement in the achievement of students' learning outcomes through make a match method in citizenship education subjects (PKn). This research includes PTK research. The population in this study was all students grade III B SD Islam NDM Kauman Surakarta. The samples in this study were class III B students. Data was obtained from obervasi results, interviews and documentation. Analyze data in a comparative and critical manner. The results showed that the results of the study of students in the relatively low category were evidenced by 11 students who had not completed reaching KKM. After the action of cycles 1 and 2 with the make a match method, students' learning outcomes in the primary school subjects increased. In cycle 1 that completes KKM there are 18 children and in cycle 2 is seen the results of all completed students from the specified KKM.
Keywords : Learning Achievements, Make A Match Method