Implementation of Environmental Care Character Education In SD Negeri 1 Cijoho

Main Article Content

Atik Rosanti
Nina Alviyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 1 Cijoho. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengembang Kurikulum, Guru dan siswa. Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan upaya pencegahan kerusakan pada lingkungan alam dan sekitarnya, serta mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi, sikap peduli lingkungan tujuan dari pendidikan karakter peduli lingkungan ini salah satunya di lingkungan sekolah yaitu untuk pembiasaan memelihara dan menjaga kebersihan serta kelestarian di lingkungan sekolah. Deskripsi hasil penelitian disajikan dalam uraian kata-kata. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 1 Cijoho dilakukan oleh guru melalui kegiatan pembelajaran, Kegiatan Kajian Jum’at dan program sekolah, didukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung peduli lingkungan, guru memberikan pemahaman, pengarahan dan menjadi teladan kepada siswa melalui pengulangan atau pembiasaan kepada siswa. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 1 Cijoho telah mencapai tahapan tindakan moral pada siswa. Namun, tindakan tersebut belum sepenuhnya menjadi kebiasaan semua siswa karena masih ada siswa yang berperilaku tidak peduli lingkungan, sehingga perlu arahan dan pengajaran yang dilakukan terus menerus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosanti, A., & Alviyani, N. (2023). Implementation of Environmental Care Character Education In SD Negeri 1 Cijoho. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2309-2319. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6637
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.