An Analysis of Implementing Authentic Assessment at English Subject by the English Teachers at the Tenth Grade of SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi in 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Penilaian autentik merupakan penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kenyataannya, dalam penerapan penilaian autentik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris oleh Guru Bahasa Inggris kelas X SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi, masih terdapat kendala dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan penilaian autentik, untuk mengetahui jenis penilaian autentik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris, dan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam menerapkan penilaian autentik di kelas sepuluh SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi pada tahun 2022/2023. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis datanya dengan menggunakan teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini adalah: penerapan penilaian autentik pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi belum sepenuhnya terlaksana dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris melakukan penilaian autentik sejalan dengan proses pelaksanaan penilaian autentik dengan persentase 80% dan 60%. Kemudian, ada beberapa jenis penilaian autentik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris, yaitu: penilaian tertulis, penilaian wawancara lisan, observasi, dan penilaian kinerja. Selain itu, guru bahasa Inggris memiliki beberapa kendala dalam menerapkan penilaian autentik, seperti kondisi dan situasi yang berbeda serta waktu yang terbatas.