Exploration of Local Wisdom of West Borneo in Chemistry Learning for Cultivating National Character

Main Article Content

Agung Hartoyo
Hairida Hairida

Abstract

Kearifan lokal di Kalimantan Barat memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dalam pembelajaran kimia. Dalam mengimplementasikan kearifan lokal pada pembelajaran kimia, diperlukannya pemahaman mengenai nilai-nilai budaya lokal yang berkaitan dengan ilmu kimia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi kearifan lokal Kalimantan Barat yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia serta diharapkan dapat memberikan dorongan bagi pendidik kimia dalam mengimplementasikan kearifan lokal yang dituang pada rancangan pembelajarannya. Metode yang digunakan ialah deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian literature review. Hasil penelitian diperoleh bahwa Kalimantan Barat memiliki kearifan lokal yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran kimia seperti penggunaan tanaman sebagai zat pewarna, obat tradisional, makanan tradisional, maupun budaya meriam karbit. Penanaman karakter dan nilai-nilai budaya lingkungan sekitar sebagai penguatan profil pelajar Pancasila melalui pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal merupakan langkah yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartoyo, A., & Hairida, H. (2024). Exploration of Local Wisdom of West Borneo in Chemistry Learning for Cultivating National Character. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 512-518. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6731
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.