Desain Didaktis Bermodel RME untuk Mengatasi Hambatan Belajar Siswa Kelas IV SD

Main Article Content

M. Maulana
Febby Armanda
Riana Irawati
Dadan Nugraha
Enjang Yusup Ali

Abstract

Kendala dan kurangnya persiapan dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 mengakibatkan hambatan belajar bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode didactical design research (DDR) dan bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar siswa serta mengembangkan dan menerapkan desain didaktis dalam mengatasi hambatan belajar siswa kelas IV pada materi berbentuk datar selama masa pandemi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hambatan belajar, angket, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil tes hambatan belajar, ditemukan 8 jenis hambatan belajar terkait dengan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran materi bangun datar pada masa pandemi. Desain didaktis dalam penelitian ini disusun dalam bentuk lembar kerja siswa. Rancangan didaktis disusun selama tiga kali pertemuan berdasarkan karakteristik dan prinsip model Realistic Mathematics Education (RME). Hasil implementasi desain didaktis menunjukkan bahwa sebagian besar respon yang ditunjukkan siswa adalah dengan mengikuti prediksi. Selain itu, hasil skala sikap yang menunjukkan sikap siswa terhadap proses pembelajaran termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maulana, M., Armanda, F., Irawati, R., Nugraha, D., & Ali, E. Y. (2021). Desain Didaktis Bermodel RME untuk Mengatasi Hambatan Belajar Siswa Kelas IV SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1122-1132. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/6791
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.