The Role of the Driving Teachers in the Independent Learning Program

Main Article Content

Afriani Fitriana
KA Rahman
Sofyan Sofyan

Abstract

Program guru penggerak dibentuk untuk menggali potensi guru dalam mengajar dan mendidik murid-muridnya, serta meningkatkan kemandirian murid dalam belajar. Guru penggerak merupakan bagian terpenting dalam implementasi merdeka belajar. Guru penggerak juga merupakan agen transformasi pendidikan ke arah yang lebih baik. (Makarim, 2020). Tujuan dari penelitian ini menjelaskan peran guru penggerak dalam program merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan. Hasil penelitian terdapat 6 peran guru penggerak dalam program merdeka belajar, yaitu: 1) guru penggerak berperan sebagai pelatih bagi rekan guru yang lain, 2) guru penggerak berperan melatih pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, 3) guru penggerak berperan sebagai agen perubahan, 4) guru penggerak berperan menciptakan ruang belajar sebagai media berdiskusi dan berkolaborasi, 5) guru penggerak berperan sebagai penuntun proses pembelajaran, 6) guru penggerak berperan sebagai motivator.
Kata Kunci: Guru Penggerak, Merdeka Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriana, A., Rahman, K., & Sofyan, S. (2023). The Role of the Driving Teachers in the Independent Learning Program. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3199-3206. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6849
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.