Implementation of Character Education Through School Culture In Primary School

Main Article Content

Hendrawan Budi Mulya
Amirul Mukminin
Rd. M. Ali

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memaparkan penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di suatu sekolah dasar di Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu salah satu sekolah dasar di Tanjung Jabung Timur dengan narasumber antara lain kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, dan wakil kepala kesiswaan. Data yang dikumpulkan dilakukan dengan cara melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dapat terintegrasi dalam kegiatan yang dilaksanakan di sekolah seperti merayakan hari-hari besar keagamaan, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, larangan membawa fasilitas komunikasi saat ulangan atau ujian, menunjukkan pembiasaan berdisiplin dengan menunjukkan perilaku yang baik seperti berangkat ke sekolah tepat waktu, berpakaian rapi dan sesuai jadwal, menunjukkan pembiasaan memelihara kebersihan lingkungan, dan memperingatkan siswa untuk disiplin, serta memberikan sanksi kepada siswa yang tidak disiplin.


Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mulya, H., Mukminin, A., & Ali, R. (2023). Implementation of Character Education Through School Culture In Primary School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3091-3096. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6850
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.