The Effect of the Three-Dimensional Media-Assisted pair Check Type Cooperative Learning Model on the Understanding of Student Concepts in the Material the Properties of Building Space in Grade V Elementary School
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas kontrol; 2) menginformasikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; 3) mendeskripsikan pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas eksperimen; 4) menguji pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen; 5) mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimensemu dan menggunakan desain non equivalent control group design. Lokasi penelitian di SD Negeri 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 56 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas kontrol yaitu nilai pre-test 25,9 dan nilai post-test 63,6; 2) bekerja secara berpasangan, berbagi peran antara pelatih dan partner, pelatih memberi soal, sedangkan partner menjawab, mengecek jawaban, bertukar peran, penyimpulan, evaluasi, dan penutup 3) pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas yaitu nilai pre-test 23,64 dan nilai post-test 75,42; 4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; 5) hasil perhitungan yang diperoleh yaitu dengan gain sebesar -0,167 dengan menggunakan model kooperatif tipe pair check.