Effectiveness of Learning Video Skills to Recognize Eclipses for the Physically Impaired YPAC SUMBAR
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang efektifkah media video pembelajaran untuk mengenal mengenal gerhana bagi anak tunadaksa. Selain itu, media video pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan kemampuan anak mengenal gerhana namun penggunaan media video pembelajaran yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat mengurangi sikap pasif siswa. Video adalah media yang dapat dilihat oleh mata dan dapat didengar oleh telinga serta merupakan jenis media audio visual.Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Variable penelitian ini meningkatkan kemampuan mengenal gerhana bagi anak tunadaksa. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data berupa instrument ceklis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal gerhana anak tunadaksa meningkatt setelah menggunakan media video pembelajaran. Dibuktikan dengan adanya peningkatan mengenal gerhana dari kondisi baseline ke kondisi intervensi setelah diberikan intervensi