Effectiveness of Learning Video Skills to Recognize Eclipses for the Physically Impaired YPAC SUMBAR

Main Article Content

Muhammad Sabri Fadhillah Tyazal
Nurhastuti Nurhastuti
Damri Damri
Johandri Taufan

Abstract

Abstrak


Penelitian ini membahas tentang efektifkah media video pembelajaran untuk mengenal mengenal gerhana bagi anak tunadaksa. Selain itu, media video pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan kemampuan anak mengenal gerhana namun penggunaan media video pembelajaran yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat mengurangi sikap pasif siswa. Video adalah media yang dapat dilihat oleh mata dan dapat didengar oleh telinga serta merupakan jenis media audio visual.Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Variable penelitian ini meningkatkan kemampuan mengenal gerhana bagi anak tunadaksa. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data berupa instrument ceklis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal gerhana anak tunadaksa meningkatt setelah menggunakan media video pembelajaran. Dibuktikan dengan adanya peningkatan mengenal gerhana dari kondisi baseline ke kondisi intervensi setelah diberikan intervensi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tyazal, M., Nurhastuti, N., Damri, D., & Taufan, J. (2023). Effectiveness of Learning Video Skills to Recognize Eclipses for the Physically Impaired YPAC SUMBAR. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3606-3613. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6874
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.