The Role of the Principal Transformational Leadership in Improving the Quality of Learning in One of the Public High Schools in Tanjung Jabung Barat Regency Jambi Province
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan yang dipergunakan
dalam pengembangan dan peningkatan mutu dari pembelajaran. Adapun metode yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan
data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu dengan metode wawancara. Kegiatan yang
dimulai dalam analisis data dimulai dengan reduksi data, display data, dan yang terakhir
ialah penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Partisipan dalam penelitian ini ialah kepala
sekolah dan guru. Dimana di awal peneliti terjun secara langsung dengan melihat fenomena
ataupun permasalahan apa saja yang terjadi di sekolah dimulai pada problematika awal
menjabat sebagai kepala sekolah yakni terkait peningkatan mutu pembelajaran dan harus
diselesaikan ataupun diatasi kepala sekolah. Pemecahan dari dampak positif yang diikuti
masyarakat termasuk orang tua. Hasil dari penelitian ini mempertunjukkan bahwa Kepala
Sekolah menggunakan gaya kepemimpinan transformasional yang mana dalam hal ini
menunjukkan kepala sekolah memiliki keuntungan yaitu dengan dapat berdinamika pada
peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.