Implementation of the Vision and Mission at the Ibnussabil Islamic Boarding School

Main Article Content

Zainuddin Zainuddin
Siti Julaiha

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran implementasi visi dan misi di pesantren Ibnussabil, khususnya gambaran visi dan misi tercermin dalam kehidupan pesantren, upaya yang pencapaian visi dan misi tersebut dan tolak ukur keberhasilan visi dan misi tersebut. Penelitian ini dekriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data; wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis dengan Miles, Huberman dan Saldana. Validasi dengan triangulasi.  Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Implementasi  visi  dan  misi  pesantren   dapat  dilihat  beberapa  hal. 1) Cerminan visi dan misi pesantren nampak pada aktivitas sehari-hari santri, program-program dan kurikulum pesantren. 2) Upaya pencapaian visi dan misi pesantren dengan beberapa langkah; sosialisasi visi dan misi kepada calon santri baru dan orang tua mereka, sosialisasi visi dan misi kepada warga pesantren pada saat pekan perkenalan, dan menjelaskan keterkaitan visi dan misi dengan aktivitas santri, program dan kurikulum  pesantren  pada  acara-acara  penting. 3) Tolak ukur keberhasilan visi dan misi pesantren dengan menentukan idikator-indikator keberhasilan yang dilahirkan dari beberapa variabel-variabel visi dan misi pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zainuddin, Z., & Julaiha, S. (2023). Implementation of the Vision and Mission at the Ibnussabil Islamic Boarding School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3374-3380. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6910
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.