Salaf Islamic Boarding School Marketing Strategy in the Digital Era
Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan. Seiring berjalannya waktu, kesan baik/citra dari pondok pesantren di era serba digital harus terus dijaga, guna mempertahankan citra baik dari pondok pesantren, maka pondok pesantren perlu melakukan strategi pemasaran yang baik juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pemasaran pondok pesantren salaf dalam meningkatkan citra positif kepada masyarakat di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat diskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan data primer dan skunder dan dilaksanakan dengan teori belajar bauran pemasaran 7P dan teori image restoration. Hasil penelitian mengemukakan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan citra di pondok pesantren Al-Hidayah telah berjalan dengan berbagai macam strategi, yaitu produk jasa pendidikan yang ditawarkan pondok pesantren tradisional telah diselaraskan dengan kurikulum sekolah, pemasaran melalui media offline dan online, penyesuaian biaya, pemberdayaan SDM, dan fasilitas pesantren.