The Influence of School Environment on Students’ Respectful Attitudes

Main Article Content

Dysan Amaliana
Kabri Kabri
Maria Fransisca Andanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi sikap hormat peserta didik serta bagaimana lingkungan sosial sekolah berperan dalam memengaruhi sikap tersebut. Dalam lingkungan sekolah, peran lingkungan sosial sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian tiga peserta didik di SMP Kuncup Melati Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor internal dan eksternal berperan dalam membentuk sikap hormat. Faktor internal melibatkan pengalaman hidup dan kepribadian, sedangkan faktor eksternal melibatkan lingkungan sosial sekolah dan pengaruh teknologi. Lingkungan sosial sekolah memainkan peran penting dalam membentuk sikap hormat peserta didik, interaksi dengan guru, staf, dan teman sebaya menciptakan norma perilaku dan sikap dalam lingkungan sekolah. Faktor internal dan eksternal seperti pengalaman hidup, kepribadian, lingkungan sekolah, dan teknologi juga memengaruhi sikap hormat peserta didik. Untuk meningkatkan sikap hormat peserta didik, penting untuk memperhatikan faktor-faktor ini dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amaliana, D., Kabri, K., & Andanti, M. F. (2023). The Influence of School Environment on Students’ Respectful Attitudes. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1972-1977. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.6956
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.