Contextual Teaching and Learning of Islamic Religious Education in Elementary Schools in the Perspective of Ibn Khaldun

Main Article Content

Ayu Agustina Dwi Rahmawati
Dwi Wulan Sari
Bayu Ardi Anto

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan bentuk pembelajaran yang sangat penting di dalam kehidupan,didalam ajarannya membawa manusia pada kehidupan yang lebih baik, sekaligus menjadi filterdan landasan dalam rangka membentuk karakter kebangsaan. Pada dasarnya pembelajaran yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun berkaitan dengan model pembelajaran kontekstual. Ibnu Khaldun menghubungkan antara konsep dan realita melalui berbagai pengalaman. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya penelitian untuk mengkaji lebih dalam terkait konsep pembelajaran kontekstual Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran kontekstual PAI menurut Ibnu Khaldun pada dasarnya meliputi beberapa aspek antara lain pendidik, peseta didik, tujuan, materi, serta model pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan beliau merupakan pembelajaran kontekstual, dimana menghubungkan antara konsep dengan realita didalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran didalam PAI juga tidak hanya bertumpu pada teori saja melainkan mengajak peserta didik untuk berfikir kreatif dan inofatif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dwi Rahmawati, A. A., Sari, D. W., & Anto, B. A. (2023). Contextual Teaching and Learning of Islamic Religious Education in Elementary Schools in the Perspective of Ibn Khaldun. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3569-3578. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6960
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.