Perbandingan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Indera Melalui Strategi Pembelajaran Tandur dan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar
Main Article Content
Abstract
Perbandingan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Indera Melalui Strategi Pembelajaran Tandur dan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui motivasi belajar melalui strategi pembelajaran TANDUR dan strategi pembelajaran ekspositori siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar; 2) Mengetahui hasil belajar melalui strategi pembelajaran TANDUR dan strategi pembelajaran ekspositori siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar; 3) Mengetahui perbedaan tingkat motivasi belajar melalui strategi pembelajaran TANDUR dan strategi pembelajaran ekspositori siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 dan XI IPA5 SMA Negeri 8 Makassar semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 71 orang, diperoleh dengan menggunakan Simple Random Sampling, kelas XI IPA5 diajar melalui strategi pembelajaran TANDUR dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang, sedangkanĀ kelas XI IPA4 diajar melalui strategi pembelajaran ekspositori dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar kelas yang diajar melalui strategi TANDUR untuk kategori sangat rendah 7.89%, rendah 7.89%, sedang 57.89%, tinggi 26.33%, sedangkan motivasi belajar kelas yang diajar melalui strategi ekspositori untuk kategori rendah 51.53%, sedang 18.18%, tingg 18.18%, sangat tinggi 12.12%. Hasil belajar biologi materi sistem indera yang diajar melalui strategi TANDURĀ untuk kategori amat baik 18.42%, baik 81.58%, sedangkan hasil belajar kelas yang diajar melalui startegi ekspositori unutk kategori amat baik 15.15%, baik 84.85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar melalui strategi pembelajaran TANDUR dan strategi pembelajaran ekspositori siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar, dimana motivasi belajar siswa melalui strategi TANDUR lebih tinggi dibanding dengan strategi ekspositori dan ada perbedaan hasil belajar biologi materi sistem indera melalui strategi pembelajaran TANDUR dan strategi pembelajaran ekspositori siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar, dimana hasil belajar dengan menerapkan strategi TANDUR lebih tinggi dibanding dengan penerapan strategi ekspositori.