The Relationship of Parental Support with the Religious Character of Class VA Madrasah Ibtidaiyah Students

Main Article Content

Fatichati Sabila
Arif Wiyat Purnanto
https://orcid.org/0000-0001-5363-8460
Kun Hisnan Hajron
https://orcid.org/0000-0002-7489-4671
Ratna Wiedya Yulisasanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan karakter religius siswa kelas VA MI An Nuur Cahaya Umat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dengan sampel berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan korelasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dari data yang diperoleh melalui pengumpulan data berupa angket/kuesioner dukungan orang tua dan angket karakter religius siswa, dengan mengisi lembar checklist dan berpedoman menggunakan skala Likret. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dengan berbantuan sederhana IBM SPSS-26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk melihat hubungan antara dua variabel menggunakan Teknik parametrik dengan paired sampel t test dengan hasil signifikansi 0,964 dan skor correlation sebesar -0,010 dengan kategori tidak berkorelasi, sehingga dari hasil penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan karakter religius. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu semakin tinggi dukungan orang tua yang diberikan maka semakin rendah juga karakter religius yang dimiliki oleh siswa. Begitupun sebaliknya jika semakin rendah dukungan orang tua maka semakin tinggi juga karakter religius yang dimiliki oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sabila, F., Purnanto, A. W., Hajron, K. H., & Yulisasanti, R. W. (2023). The Relationship of Parental Support with the Religious Character of Class VA Madrasah Ibtidaiyah Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3785-3790. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7012
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.