The Tahfidz Al-Qur’an Learning Strategy at Female University Residence University of Muhammadiyah Yogyakarta

Main Article Content

Rina Melati
Wasith Achadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi penyelenggaraan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di UNIRES Putri UMY, (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi penyampaian Tahfidz Al-Qur'an di UNIRES Putri UMY, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di UNIRES Putri UMY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat penemuan. Artinya penelitian ini dirancang secara umum, fleksibel dan dapat berkembang selama proses penelitian sampai ditemukan kejenuhan data. Lokasi dalam penelitian adalah UNIRES UMY, objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di UNIRES UMY sedangkan untuk subjek penelitiannya adalah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan pendampingan Tahfidz Al-Qur'an, , teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sebelum memasuki penelitian lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di UNIRES Putri UMY menggunakan tiga strategi pembelajaran sesuai teori Hamzah B. Uno yaitu pengorganisasian, penyampaian, dan Manajemen Pembelajaran. Terdapat faktor yang mendukung strategi pengorganisasian, yaitu: adanya perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Faktor penghambatnya adalah: kondisi Tahfidz Al-Qur'an setelah shalat subuh, dan warga yang masih berada di rumah. Faktor pendukung strategi penyampaiannya adalah: adanya media pembelajaran, buku pendampingan Al-Islam dan Al-Qur'an, serta kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambatnya adalah: kurangnya pemahaman tentang tahsin/tajwid. Faktor pendukung strategi pengelolaan adalah: pemberian motivasi, pembelajaran menyenangkan dan menarik, hafalan. Faktor penghambatnya adalah: adanya probematika dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Melati, R., & Achadi, W. (2023). The Tahfidz Al-Qur’an Learning Strategy at Female University Residence University of Muhammadiyah Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3908-3916. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7050
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.