Pengembangan Program Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Enrekang melalui Model Kemitraan

Main Article Content

Ibrahim Ibrahim
Saidang Saidang
Suparman Suparman

Abstract

Banyak permasalahan yang sebenarnya dialami oleh SKB seperti keterbatasan dalam hal pendanaan dan fasilitas. Keterbatasan dana, dan fasilitas menyebabkan peran lembaga mitra sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan program di SKB. Lembaga mitra baik pemerintah maupun swasta memiliki peran penting dalam penyelenggaraan dan menentukan keberhasilan program yang dilaksanakan oleh SKB. Dengan menjalin kemitraan dengan lembaga lain, SKB diharapkan dapat mengatasi kelemahan dan tantangan yang terjadi dalam penyelenggaraan programnya. Meskipun lembaga mitra mempunyai peran sangat penting, tetapi masih banyak SKB belum optimal melaksanakan kemitraan dengan lembaga lain dan hanya mengandalkan bantuan pemerintah pusat yang jumlahnya sangat terbatas dan belum dapat mengatasi permasalahan yang ada.


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menggambarkan perencanaan program kemitraan yang dilaksankan oleh UPT SKB Kabupaten Enrekang, 2) Menggambarkan implementasi model kemitraaan yang dilaksanakan oleh UPT SKB Kabupaten Enrekang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala  UPT SKB Kabupaten Enrekang, pamong UPT SKB Kabupaten Enrekang, staff Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kabupaten Enrekang, serta pengelola PKBM Padel. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Peneliti merupakan instrument utama penelitian dengan dibantu pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, I., Saidang, S., & Suparman, S. (2020). Pengembangan Program Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Enrekang melalui Model Kemitraan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 172-178. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.715
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.