Psychological Structure in the Poem "al-khutwah al-AKHIRAH" : Review of Literary Psychological Analysis

Main Article Content

Cut Maya Husna
Zulkipli Lessy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk struktur psikoanalisis dalam syair “Al-Khutwah Al-Akhirah” karya Nazik Al-Malaikah dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud melalui analisis teori psikologi sastra. Metode Penelitian yang digunakan untuk mengungkapkan bentuk struktur psikoanalisis yang tersirat dalam isi kalimat syair Al-Khutwah Al-Akhirah adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian yang ditemukan berupa frasa, kalimat, kata, dan wacana yang menunjukkan struktur kepribadian yang terdapat dalam syair. Dan berdasarkan hasil telaah yang diperoleh dari penelitian ini yaitu tentang bentuk struktur psikoanalisis berupa id, ego, dan super ego.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Husna, C. M., & Lessy, Z. (2023). Psychological Structure in the Poem "al-khutwah al-AKHIRAH" : Review of Literary Psychological Analysis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5289-5297. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7199
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.