Challenges of Higher Education in Facing the Society 5.0 Era: Systematic Literature Review (SLR)

Main Article Content

Nailussa’adah Aviva
Wirantono Adiputra
Faaizal Ari Wibowo
Mochammad Isa Anshori
Helmi Buyung Aulia Safrizal

Abstract

iTujuan dari penelitian ini adalah untuki mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi di iIndonesia dalam menghadapi era society 5.0. iSehingga melalui penelitian ini seluruh stakeholders di perguruan tinggi mendapatkan isudut pandang yang baru dan segera bergegas beradaptasi dengan perkembangani yang iada. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) dalam 6 tahun terakhir ini yaitu 2018-2023. iHasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwai tantangan yang idihadapi perguruan tinggi dalam menghadapi era society 5.0 yakni pertama, i bagaimana supaya kurikulum yang idigunakan bisa menjawab kebutuhan di era society 5.0. Kedua, tantangannya yakni ibagaimana caranya agari perguruan tinggi memiliki infrastruktur yang memadai terutama dalam bidangi teknologi informasi dan komunikasii untuk mengakomodir pesatnya kebutuhan dunia digital di iera society 5.0 apalagi dalam proses ipembelajaran. Ketiga, tantangan dalam menyiapkan tenagai pendidik atau dosen agar memilikii kecakapan di bidang dunia digital dan kreatif. Keempat, i tantangan menyesuaikani kompetensi yang harus idimiliki oleh lulusan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja imaupun dalami rangka mencetak entrepreneur muda. iHasil penelitian ini membantu imemberikan dukungan kepada para stakeholders di perguruan tinggi terkhusus para ipembuat kebijakan idalam merumuskan kebijakan yang baru serta beradaptasi terhadap iperubahan baru yang disebabkan olehi era society 5.0, sehingga perguruan tinggi bisa mempersiapkani diri supaya bisai beradaptasi dengani perubahan yang ada di era society 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aviva, N., Adiputra, W., Wibowo, F. A., Anshori, M. I., & Safrizal, H. B. A. (2023). Challenges of Higher Education in Facing the Society 5.0 Era: Systematic Literature Review (SLR). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5305-5307. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/7216
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.