The Contribution of Islamic Boarding School Caregivers in the Formation of Students Character at Al-Barokah Umarul Yahya Islamic Boarding School Yogyakarta

Main Article Content

M. Dani Rahman
Eva Latipah
Nur Saidah

Abstract

Pondok pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang memainkan peran penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian individu, khususnya santri Keberadaan seorang pengasuh atau pemimpin di dalam pesantren memiliki peran yang signifikan dalam mengarahkan, membimbing, dan membentuk karakter santri. Sehingga dengan hal tersebutlah membuat penulis tertarik untuk melakukan mini riset dengan judul kontribusi pengasuh pesantren dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren Al-Barokah Umarul Yahya Yogyakarta. Tujuan dari penlitian ini, hanyalah untuk mengetahui pada apa saja bentuk kontribusi seorang pengasuh pesnatren Al-Barokah Umarul Yahya Yogyakarta dalam membentuk pada karakter santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif, karena penelitian ini bersifat fleksibel, dinamis, dan eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis meliputi pada wawancara mendalam dan observasi yang terdiri dari beberapa personal yang meliputi pada Ngahadi sebagai pengasuh pesantren, serta aufiqurrahman, hanif, dan Muhammad Zainurriza sebagai guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa kontribusi kontribusi pengasuh pesantren dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren Al-Barokah Umarul Yahya Yogyakarta terdapat tujuh hal, yang meliputi pada memberikan teladan yang baik, konseling spiritual, pendampingan dalam ibadah, pendidikan nilai moral, memberikan binaan etika dan tanggung jawab, memberikan peningkatan sosial, serta mengikut sertakan para guru dalam membentuk karakter santri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahman, M. D., Latipah, E., & Saidah, N. (2023). The Contribution of Islamic Boarding School Caregivers in the Formation of Students Character at Al-Barokah Umarul Yahya Islamic Boarding School Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5549-5557. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7343
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.