Indonesian Language Learning to Strengthen the Character of Students of the Philosophy Creed Study Program UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Main Article Content

Afif Farakhan
Nur Hidayat
Adhika Alvianto

Abstract

Persoalan budaya dan karakter merupakan titik terang dan topik hangat dalam dunia pendidikan saat ini. Sorotan ini dapat ditemukan dalam banyak teks di berbagai media massa Hilangnya moralitas di negeri ini, terutama di kalangan remaja, disebabkan oleh kurangnya pendidikan budaya dan karakter, yang ditekankan baik dalam pendidikan formal maupun non-formal. Tujuan dari penelitian ini, hanyalah untuk mengetahui pada adanya pembelajaran Bahasa Indonesia, untuk mengatahui terhadap penguatan karakter mahasiswa program studi akidah filsafat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode penelitian ini,  menggunakan kualitatif kualitatif, yaitu meneliti suatu objek tertentu dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis dan objektif mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, karakteristik, serta hubungan antara unsur-unsur yang ada atau fenomena tertentu secara menyeluruh dan mendalam mengenai realitas sosial serta berbagai fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia. Hasil bahwa pendidikan karakter sudah diintegrasikan dalam pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian. Pada tahap perencanaan pembelajaran, dosen bahasa Indonesia sudah mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran pada silabus dan RPS. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia sudah mengimplementasikan nilainilai karakter yang terdapat dalam rencana pembelajaran dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat kompetensi, yaitu kompetensi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penilaian karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi penilaian afektif. Penilaian dilakukan melalui pengamatan, diskusi klasikal, dan pemberian soal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farakhan, A., Hidayat, N., & Alvianto, A. (2023). Indonesian Language Learning to Strengthen the Character of Students of the Philosophy Creed Study Program UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5527-5538. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7348
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.