Learning Writing Short Stories with Using BrainWriting Techniques Imagination Oriented _ Class IX Students of SMP Negeri 4 Tamalatea Jeneponto
Main Article Content
Abstract
Model Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Teknik Brainwriting Berorientasi pada Imajinasi Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen di sekolah. Pembelajaran menulis cerpen dapat menggali potensi dan mengembangkan imajinasi siswa.
Oleh karena itu, perlu dicari faktor-faktor penyebab permasalahan tersebut dan upaya penanggulangannya. Salah satu alternatif upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen adalah penggunaan model pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik brainwriting yang berorientasi pada imajinasi siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Data penelitian berupa hasil tes dan hasil observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tamalatea Jeneponto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes deskriptif berupa cerpen siswa, untuk menguji kemampuan menulis cerpen yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Yang diberikan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran menulis cerpen dengan teknik brainwriting, sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: brainwriting, menulis, imajinasi, pembelajaran, dan cerpen