Understanding Of Mosque Administrators In Padang City Regarding The Hadith Of Urination Position For Men

Main Article Content

Sevendo Secsiorial
Widia Fithri
Riri Fitria

Abstract

Penelitian ini menggali peran hadis Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan masyarakat Kota Padang, khususnya berkaitan dengan posisi buang air kecil bagi laki-laki. Fasilitas buang air kecil di masjid menjadi fokus utama, dan melalui observasi serta wawancara dengan pengurus masjid, terungkap bahwa ada ketidakseimbangan antara jumlah urinoir dan toilet. Pemahaman pengurus masjid tentang hadis buang air kecil terbatas, yang tercermin dalam kurangnya pengetahuan terkait redaksi dan terjemahan hadis larangan kencing berdiri. Faktor-faktor seperti jumlah jama'ah, keterbatasan lahan, efisiensi pelayanan, dan permintaan langsung dari jamaah memengaruhi keputusan pengurus masjid dalam menyediakan fasilitas kencing berdiri. Penelitian ini menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai agama, khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari sesuai ajaran hadis dan Al-Quran. Meskipun terdapat perbedaan pandangan di kalangan ulama, penelitian ini menyoroti perlunya memahami dan menerapkan petunjuk dalam hadis sebagai pedoman hidup. Kesadaran ini menjadi kunci dalam mengelola fasilitas di lingkungan masjid, mengingat ajaran agama seharusnya menjadi landasan utama dalam pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Secsiorial, S., Fithri, W., & Fitria, R. (2024). Understanding Of Mosque Administrators In Padang City Regarding The Hadith Of Urination Position For Men. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 25-37. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7551
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.