Implementation of Multipolar Education for Conflict Resolution
Main Article Content
Abstract
Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan yang penting dalam menangani konflik antarbudaya dan mempromosikan pemahaman lintas budaya yang lebih dalam. Dalam konteks implementasi pendidikan multikultural untuk resolusi konflik, penting untuk memahami bahwa konflik antarbudaya sering kali muncul karena perbedaan-perbedaan dalam keyakinan, nilai, dan praktik budaya. Melalui pendidikan multikultural, upaya dapat dilakukan untuk mengatasi mispersepsi, prasangka, dan diskriminasi yang mungkin menjadi pemicu konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Ialah kualitatif deskriptif dalam bentuk kajian pustaka, yang memusatkan perhatian pada mencari data yang diperlukan dari literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat daua bagian. Pertama data primer, yaitu sumber-sumber langsung yang menjadi fokus utama yakni buku perdamaian dan konflik pembangunan dan peradaban. terjemahan Asnawi dan Safrudin. Kedua, terdapat sumber sekunder yang akan memberikan dukungan tambahan dalam penelitian ini yang meliputi pada buku, jurnal dan lain-lainnya. Hasil penelitian ini menujukkan, bahwa implementasi pendidikan multikutural untuk resolusi konflik dapat ditempuh dengan beberapa cara antara lain, konsiliasi, mediasi, dan arbitrasi. Beberapa langkah tersebut perlu ditempuh dan disesuaikan dengan permasalahan yang ingin diselesaikan.