Implementation of Multipolar Education for Conflict Resolution

Main Article Content

Hukma Fikria Adira

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan yang penting dalam menangani konflik antarbudaya dan mempromosikan pemahaman lintas budaya yang lebih dalam. Dalam konteks implementasi pendidikan multikultural untuk resolusi konflik, penting untuk memahami bahwa konflik antarbudaya sering kali muncul karena perbedaan-perbedaan dalam keyakinan, nilai, dan praktik budaya. Melalui pendidikan multikultural, upaya dapat dilakukan untuk mengatasi mispersepsi, prasangka, dan diskriminasi yang mungkin menjadi pemicu konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Ialah kualitatif deskriptif dalam bentuk kajian pustaka, yang memusatkan perhatian pada mencari data yang diperlukan dari literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat daua bagian. Pertama data primer, yaitu sumber-sumber langsung yang menjadi fokus utama yakni buku perdamaian dan konflik pembangunan dan peradaban. terjemahan Asnawi dan Safrudin. Kedua, terdapat sumber sekunder yang akan memberikan dukungan tambahan dalam penelitian ini yang meliputi pada buku, jurnal dan lain-lainnya. Hasil penelitian ini menujukkan, bahwa implementasi pendidikan multikutural untuk resolusi konflik dapat ditempuh dengan beberapa cara antara lain, konsiliasi, mediasi, dan arbitrasi. Beberapa langkah tersebut perlu ditempuh dan disesuaikan dengan permasalahan yang ingin diselesaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adira, H. F. (2024). Implementation of Multipolar Education for Conflict Resolution. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 76-82. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7562
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.