Reducing the Negative Behavior of Children with Oppositional Defiant Disorder by Providing Reinforcement Techniques at SLBN 1 Ampek Angkek

Main Article Content

Yodinasya Trixie Belia
Johandri Taufan
Ringgi Rahmat Fitra

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Ampek Angkek. Hasil permasalahan yang ditemukan adalah adanya seorang anak yang teridentifikasi oppositional defiant disorder (ODD) yang memiliki perilaku negatif yaitu memukul teman. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah perilaku memukul teman pada anak oppositional defiant disorder (ODD) dapat berkurang dengan pemberian teknik reinforcement. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A1. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan frekuensi perilaku negatif khususnya perilaku memukul teman pada subjek. Berdasarkan data yang diperoleh, perilaku memukul teman pada anak oppositional defiant disorder (ODD) dapat berkurang dengan pemberian teknik reinforcement. serta didukung tingkat overlap yang rendah. Pada hasil analisis antarkondisi baseline-I dengan intervensi presentase overlap sebesar 30 % dan menurun pada analisis antarkondisi intervensi dengan baseline-II yaitu 0%. Secara keseluruhan perilaku memukul teman pada anak oppositional defiant disorder (ODD) di SLB N 1 Ampek Angkek dapat berkurang dengan pemberian teknik reinforcement.


Kata Kunci: teknik reinforcement, perilaku negatif, anak oppositional defiant disorder

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Belia, Y., Taufan, J., & Fitra, R. R. (2024). Reducing the Negative Behavior of Children with Oppositional Defiant Disorder by Providing Reinforcement Techniques at SLBN 1 Ampek Angkek. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 231-237. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7574
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.