Education as the Basis for State Development (Implications of Education in Improving State Welfare and Security)

Main Article Content

Galih Orlando
Leli Hasanah Lubis
Mulkan Darajat
Yuslinda Yuslinda
Sri Hayati Damanik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan sebagai dasar perkembangan sebuah Negara dilihat dari implikasi pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan negera. Metode penelitan ini adalah Library Research. Hasil penelitian ini yaitu Pendidikan diharapkan mampu mengantarkan kehidupan masyarakat Indonesia dan terus mengiringi perubahan-perubahan yang ada di dalam masyarakat seiring dengan perkembangan zaman. Dalam proses demokratisasi yang dilalui oleh negara Indonesia,pendidikan mampu menghadirkan nilai-nilai kehidupan masyarakat yang harus dimiliki oleh setiap individu. Nilai-nilai yang sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku di dalam kehidupan bernegara menjadi pegangan yang harus dimiliki dan diamalkan dalam pikiran dan perilaku manusia Indonesia. Individu yang cerdas akan mampu menjalani fungsinya sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Individu yang cerdas akan mampu memainkan perannya tidak hanya dalam pemenuhan hak namun juga menunaikan kewajibannya terhadap negara. Dalam pemenuhan kewajibannya terhadap negara pendidikan bela negara menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk kembali menumbuhkan semangat keIndonesiaan pada setiap jiwa masyarakat. Arus globalisasi yang hadir tanpa batas perlahan demi perlahan telah berdampak kepada berkurangnya rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada masyarakat Indonesia,secara khusus generasi muda. Generasi muda atau generasi Y merupakan generasi modern yang kini terbawa dengan arus globalisasi dan menjalani kehidupannya sebagai masyarakat modern. Dimana sebagai masyarakat modern generasi ini bebas melakukan apapu yang diinginkannya dan cenderung mengabaikan kewajibannya kepada negara. Pendekatan-pendekatan kekinian perlu dilakukan untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai yang ada dalam pendidikan bela negara terhadap generasi Y. Pemaksimalan penggunaan perkembangan teknologi harus dilakukan agar sosialisasi ini bisa dilakukan secara efektif. Pendidikan dengan pendekatan karakter juga bisa dilakukan untuk menyampaikan nilai-nilai yang ada dalam bela negara. Generasi yang khas dengan kecanggihan teknologi dan karakter yang unik seperti generasi Y dapat dimaksimalkan sebagai komponen pendukung menuju pembangunan pertahanan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Orlando, G., Lubis, L., Darajat, M., Yuslinda, Y., & Damanik, S. (2024). Education as the Basis for State Development (Implications of Education in Improving State Welfare and Security). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 690-695. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7712
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.