The Influence of the Realistic Mathematics Learning Approach Assisted by the Mathcitymap (Mcm) Application on the Mathematical Problem Solving Ability and Learning Interest of Class V Students

Main Article Content

Nazwar Muslan
Sukmawati Sukmawati
Mukhlis Mukhlis

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan aplikasi Mathcitymap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa Kelas V UPT SPF SDN Kompleks IKIP I. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain model posttest only control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 76 siswa yang terdiri dari 38 siswa dari kelas eksperimen dan 38 siswa dari kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan aplikasi Mathcitymap sedangkan kelas kontrol diterapkan pendekatan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil uji manova menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan aplikasi Mathcitymap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, minat belajar, dan secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa kelas V UPT SPF SDN Kompleks IKIP I.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muslan, N., Sukmawati, S., & Mukhlis, M. (2024). The Influence of the Realistic Mathematics Learning Approach Assisted by the Mathcitymap (Mcm) Application on the Mathematical Problem Solving Ability and Learning Interest of Class V Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 930-940. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7731
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.