Tafsir Al-Kasysyaf, Defense of Al-Zamakhshari Against the Mu'tazilites

Main Article Content

M. Fathi Dikla
Syamsu Syauqani
Fatmawati Fatmawati

Abstract

Lokus dan waktu sebuah karya tulis dibuat sangat berpengaruh terhadap karya tulis itu sendiri. Aspek subjektifitas akan banyak terjadi, termasuk dalam penyusunan kitab tafsir. Setelah periode nabi, sahabat, tabi’in dan setelahnya, periode tafsir memasuki masa afirmatif, yaitu penafsiran al-Qur’an sebagai justifikasi sekte atau mazhab, tidak murni keilmuan dan penggalian makna ayat. Kitab tafsir Al-Kasysyaf karya Imam Al-Zamakhsyari adalah salah satu kitab tafsir yang lahir pada periode afirmasi ini dan menurut penelitian yang sudah banyak dilakukan sangat tendensius sekali penafsiran yang dilakukan Al-Zamakhsyari, terutama keras dan vulgarnya pembelaannya terhadap sekte teologis Mu’tazilah. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan melakukan analisis secara langsung kitab tafsir Al-Kasysyaf terhadap beberapa ayat yang ditafsirkan Al-Zamakhsyari yang kental terlihat keberpihakannya terhadap teologi Mu’tazilah dan mazhab fiqih Hanafi, seperti ketidakberterimaan Al-Zamakhsyari terhadap ayat-ayat tajassum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh latar keilmuan, sosio-historis, aliran teologis, mazhab fiqih yang dianut Al-Zamakhsyari sangat berpengaruh terhadap penafsiran yang dilakukannya, dan sangat kental terlihat pembelaannya terhadap –terutama- sekte Mu’tazilah yang saat itu berkuasa. Jika ayat Al-Qur’an sejalan dengan paham Mu’tazilah, ia mengkategorikan ayat itu ayat muhkamat, dan jika tidak sesuai, ia kelompokkan ayat itu menjadi mutasyabihat. Pembelaan itu sangat dipengaruhi oleh ushul al-khamsah-nya Mu’tazilah yang bertentangan dengan paham ahlu al-sunnah wa al-jama’ah. Salah satu aspek yang sangat kentara adalah negasi sifat-sifat Allah seperti sifat-sifat yang mirip dengan sifat-sifat manusia seperti melihat, mendengar, berkata, dan sebagainya. Al-Zamakhsyari secara tegas menolak tajassum terhadap sifat-sifat Allah, karena Allah menurutnya tidak boleh disifati seperti sifat makhluk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dikla, M. F., Syauqani, S., & Fatmawati, F. (2024). Tafsir Al-Kasysyaf, Defense of Al-Zamakhshari Against the Mu’tazilites. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 994-1011. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7751
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.