Influence of Problem Based Learning Model on Elementary School Students Critical Thinking Abilities

Main Article Content

Febrya Wulan Sari
Tri Linggo Wati

Abstract

Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode desain pre-eksperimental untuk mengeksplorasi dampak dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri Kedungringin 1 Beji Pasuruan. Sampel terdiri dari 30 siswa di kelas tersebut. Data dikumpulkan melalui lembar observasi serta tes pre dan post dalam mata pelajaran IPA. Analisis data menggunakan dua teknik statistik: deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam rata-rata kemampuan berpikir kritis. Nilai rata-rata pre-test menunjukkan kategori rendah (47), sementara post-test menunjukkan kategori tinggi (84). Hasil analisis inferensial menggunakan uji-t paired sample test menunjukkan bahwa Sig. < α = 0.05 (0.026 < α = 0.05), sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis melalui mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Kedungringin 1 Beji Pasuruan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, F., & Wati, T. L. (2024). Influence of Problem Based Learning Model on Elementary School Students Critical Thinking Abilities. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1306-1314. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7760
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.