Influence of Problem Based Learning Model on Elementary School Students Critical Thinking Abilities
Main Article Content
Abstract
Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode desain pre-eksperimental untuk mengeksplorasi dampak dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri Kedungringin 1 Beji Pasuruan. Sampel terdiri dari 30 siswa di kelas tersebut. Data dikumpulkan melalui lembar observasi serta tes pre dan post dalam mata pelajaran IPA. Analisis data menggunakan dua teknik statistik: deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam rata-rata kemampuan berpikir kritis. Nilai rata-rata pre-test menunjukkan kategori rendah (47), sementara post-test menunjukkan kategori tinggi (84). Hasil analisis inferensial menggunakan uji-t paired sample test menunjukkan bahwa Sig. < α = 0.05 (0.026 < α = 0.05), sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis melalui mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Kedungringin 1 Beji Pasuruan.