The Use of Clustering Tehnique to Improve Students’ Achievement in Writing Recount Text at the Eight Grade of UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli in 2022/2023

Main Article Content

Niska Restina Gulo
Adieli Laoli
Nursayani Maru’ao
Afore Tahir Harefa

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dipelajari. Menulis adalah cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Menulis merupakan suatu proses untuk menghasilkan produk yang dipengaruhi oleh beberapa unsur seperti kosa kata, tata bahasa, organisasi, ejaan dan tanda baca. Salah satu permasalahan yang peneliti temukan adalah siswa tidak mampu membedakan bentuk regular dan irreguler verbs pada past tense. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks recount dengan menggunakan teknik clustering. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) khususnya metode kuantitatif sebagai metode penelitiannya. Terdapat dua siklus yang mana siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan peneliti dari hasil observasi, catatan lapangan dan lembar evaluasi. Dari hasil penelitian setiap siklusnya mendapatkan perbaikan dengan menggunakan teknik clustering. Pada siklus I siswa gagal, rata-rata nilai siswa sebesar 59,86. Pada siklus II seluruh siswa berhasil lulus KKM dengan rata-rata nilai siswa 82,86. Peneliti menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks recount adalah dengan menggunakan teknik clustering. Oleh karena itu, peneliti menyarankan dan merekomendasikan siswa dan guru untuk menggunakan teknik ini guna meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis sebuah teks, khususnya teks recount.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gulo, N. R., Laoli, A., Maru’ao, N., & Harefa, A. T. (2024). The Use of Clustering Tehnique to Improve Students’ Achievement in Writing Recount Text at the Eight Grade of UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli in 2022/2023. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1123-1132. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/7762
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.