The Impact of Contextual Approaches to Teaching and Learning (CTL) on Students' Learning Motivation in Mathematics Lessons

Main Article Content

Nida Iftinah Ramadani
Emilda Sulasmi

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses bimbingan yang diberikan kepada orang dewasa yang disalurkan kepada anak yang sedang berkembang untuk mencapai perkembangan yang optimal sehingga anak mencapai kedewasaannya. Melalui pembelajaran-pembelajaran yang diberikan terutama matematika, akan tetapi pada kenyataannya matematika sendiri seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa, sehingga diperlukannya pendekatan yang sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan jika hasil pengujian hipotesis yang didapat dari hasil uji Independent Sample T- Test diperoleh nilai probabilitasnya (Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga diterima, yang artinya ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga bisa disimpulkan jika pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadani, N., & Sulasmi, E. (2024). The Impact of Contextual Approaches to Teaching and Learning (CTL) on Students’ Learning Motivation in Mathematics Lessons. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1282-1288. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7790
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.