Development of Practical Guide on Single Slit Diffraction Materials Using He-Ne Lasers and Diode Lasers

Main Article Content

Dwi Sartikasari
Sri Purwaningsih
Hebat Shidow Falah

Abstract

Belum adanya sumber belajar berupa bahan ajar penuntun praktikum  fisika modern yang khusus dikembangkan untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Jambi menjadi alasan dilakukan penelitian ini. Berdasarkan hal ini perlu dilakukan pengembangan bahan ajar untuk mendukung perkuliahan mata kuliah fisika modern. Salah satu materi yang dikembangkan bahan ajarnya adalah materi difraksi celah tunggal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dimana dalam pelaksanaannya menggunakan model 4D. Salah satu tahapan pengembangan bahan ajar yang dilakukan adalah uji ahli. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non-tes yaitu berupa angket. Ahli atau validator dalam penelitian ini adalah dosen pendidikan fisika FKIP Universitas Jambi. Validitas bahan ajar yang dikembangkan dinilai oleh validator melalui angket.. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahan ajar penuntun praktikum fisika modern pada materi difraksi celah tunggal untuk menghitung panjang gelombang laser He-Ne dan laser dioda cukup valid dengan nilai validasi 3,33 dan sangat baik dengan nilai 3,83.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sartikasari, D., Purwaningsih, S., & Shidow Falah, H. (2024). Development of Practical Guide on Single Slit Diffraction Materials Using He-Ne Lasers and Diode Lasers. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1336-1346. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7802
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.