Mathematical Literacy in Mathematical Learning Visual Auditory Kinestetic (VAK) Model Using The Mathcitymap Application

Main Article Content

Widi Pratiwi Oktaristanti
Wardono Wardono
Adi Nur Cahyo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas literasi matematika pada pembelajaran model VAK dengan menggunakan mobile math trails, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan literasi matematika pada pembelajaran model VAK. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampel cluster random sampling dengan membagi sampel menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kualitas hasil pembelajaran model VAK dengan menggunakan aplikasi Math City Map pada penelitian ini akan diukur menggunakan uji ketuntasan, uji beda kemampuan literasi, dan uji peningkatan kemampuan literasi, yang sebelumnya akan dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji banding independent t-Test pada data pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan literasi matematika pada pembelajaran VAK menggunakan aplikasi MathCityMap lebih tinggi dari literasi matematika siswa pada pembelajaran PBL.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Oktaristanti, W. P., Wardono, W., & Cahyo, A. N. (2024). Mathematical Literacy in Mathematical Learning Visual Auditory Kinestetic (VAK) Model Using The Mathcitymap Application. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1496-1501. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7841
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.