Principal's Planning in Teacher Performance Development and Learning Improvement at SMP Nurul Hikmah Lombok
Main Article Content
Abstract
Perencanaan yang efektif oleh kepala sekolah merupakan hal yang penting dalam pembinaan kinerja guru dan peningkatan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Hikmah, Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran perencanaan kepala sekolah dalam mempengaruhi kinerja guru dan pembelajaran di SMP Nurul Hikmah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, Responden penelitian meliputi kepala sekolah dan guru. Adapun teknik analisis datanya menggunakan model interaktif. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang disusun secara sistematis oleh kepala sekolah memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja guru dan peningkatan pembelajaran di SMP Nurul Hikmah. Perencanaan ini mencakup pengembangan rencana kerja yang jelas dan terukur, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran pemantauan dan evaluasi kinerja guru. Selain itu juga perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah mempunyai dampak yang sangat signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan seperti kejelasan tujuan pembelajaran dan peningkatan kesiapan mengajar.