Principal's Planning in Teacher Performance Development and Learning Improvement at SMP Nurul Hikmah Lombok

Main Article Content

Miftahul Jannah
Muhammad Muhammad

Abstract

Perencanaan yang efektif oleh kepala sekolah merupakan hal yang penting dalam pembinaan kinerja guru dan peningkatan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Hikmah, Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran perencanaan kepala sekolah dalam mempengaruhi kinerja guru dan pembelajaran di SMP Nurul Hikmah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, Responden penelitian meliputi kepala sekolah dan guru. Adapun teknik analisis datanya menggunakan model interaktif. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang disusun secara sistematis oleh kepala sekolah memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja guru dan peningkatan pembelajaran di SMP Nurul Hikmah. Perencanaan ini mencakup pengembangan rencana kerja yang jelas dan terukur, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran pemantauan dan evaluasi kinerja guru. Selain  itu juga perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah mempunyai dampak yang sangat signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan seperti kejelasan tujuan pembelajaran dan peningkatan kesiapan mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jannah, M., & Muhammad, M. (2024). Principal’s Planning in Teacher Performance Development and Learning Improvement at SMP Nurul Hikmah Lombok. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1618-1626. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7898
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.