The Influence of Alpha Waves in Cultural Arts (Music) Learning at Secondary School

Main Article Content

Danny Rozano
Sukanta Sukanta
Sukanta Sukanta

Abstract

Pendidikan musik, seperti yang dirasakan oleh para siswa, terutama berkisar pada aspek-aspek praktis, sering kali mengabaikan dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik yang melekat dalam pendidikan. Akibatnya, aspek kognitif dari pendidikan musik cenderung kurang menarik bagi siswa. Sebagai tanggapan, berbagai upaya telah dilakukan untuk merangsang konsentrasi kognitif siswa selama aspek teori pendidikan musik dengan memanfaatkan gelombang alpha. Gelombang alpha ini diintegrasikan selama pelajaran teori musik dan disajikan dalam bentuk video yang diunggah ke YouTube agar dapat diakses kapan saja dan di mana saja.Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dampak dari penggunaan YouTube sebagai media, dikombinasikan dengan musik latar yang mengandung frekuensi gelombang alpha, terhadap aspek teoritis pendidikan Seni Budaya (mus-ik). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengkorelasikan kinerja antara kelompok kontrol (tidak terpapar gelombang alpha) dan kelompok eksperi-men (mengalami stimulasi gelombang alpha). Data dikumpulkan melalui penilaian yang dilakukan oleh guru Seni Budaya dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson sebagai bentuk analisis data. Setelah meninjau hasil dari sampel pertama (kelompok eksperimen) dan sampel kedua (kelompok kontrol), terlihat jelas bahwa hipotesis akhir (hasilnya) tidak sesuai dengan hipotesis awal (H0 > Ha).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rozano, D., Sukanta, S., & Sukanta, S. (2024). The Influence of Alpha Waves in Cultural Arts (Music) Learning at Secondary School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1689-1692. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7930
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.