Enforcement of Educator Professional Ethics as the Main Pillar in Early Childhood Education

Main Article Content

Tumewa Pangaribuan
Sri Indriani Harianja
Naura Salsabila Putri Pahlefi
Riska Fitriyanti
Nadia Eldiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penting etika profesi dalam membentuk karakter anak usia dini, menganalisis tantangan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam menerapkan etika profesi, serta menyajikan strategi yang dapat digunakan untuk memperkuat etika profesi dalam konteks PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, di mana data relevan dikumpulkan sebagai sumber utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegakan etika profesi pendidik diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan peserta didik. Namun, tantangan yang ada memerlukan pendekatan strategis untuk mengatasinya, seperti meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika profesi, memberikan pelatihan yang sesuai, dan memperkuat kerjasama antar guru PAUD dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan etika profesi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pangaribuan, T., Harianja, S. I., Pahlefi, N. S. P., Fitriyanti, R., & Eldiana, N. (2024). Enforcement of Educator Professional Ethics as the Main Pillar in Early Childhood Education. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1777-1789. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7947
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.